Iklan Atas

 


Daging sapi seringkali jadi bahan olahan favorit saat ada momen spesial atau acara kumpul kelaurga. Semua pasti tau kalau memasak daging sapi biasanya membutuhkan waktu yang lama agar empuk, ini sering jadi masalah jika membuat isi tabung gas cepat habis. 

Nah, dibawah ini cara memasak daging sapi agar empuk dan tetap bisa hemat gas. Berikut tipsnya:


1. Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Merupakan cara alami yang bisa dilakukan untuk membuat daging sapi lebih empuk tanpa menggunakan gas, yaitu menggunakan daun pepaya. 

Pada Daun papaya memiliki kandungan enzim alami yang berfngsi memecah protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. 

Caranya gampang, cukup mengambil daun pepaya lalu bersihkan dengan air kemudian keringkan, untuk dijadikan pembungkus daging. Pastikan setiap bagian daging terbungkus dengan sempurna kemudan diamkan sekitar sejam. Jika sudah, maka daging siap diolah.


2. Lumuri menggunakan Jus Nanas

Selain daun pepaya, bisa juga bisa menggunakan buah nanas sebagai alat agar daging sapi menjadi empuk. 

Memiliki kandungan yang Sama seperti daun pepaya, enzim alami pada nanas bisa bikin daging sapi lebih cepat empuk. 

caranya buah nanas perlu dihaluskan atau dijus, kemudian lumuri daging sapi dengan nanas yang sudah dihaluskan, dan diamkan selama setengah jam. 


3. Potong Berlawanan Serat Daging

Cara memasak daging sapi agar empuk lainnya adalah dari cara potong dagingnya. Coba lihat dan perhatikan serat yang memanjang pada daging. 

Memotong daging berlawanan arah dengan serat dagingnya dapat membantu daging jadi cepat empuk.


4. Manfaatkan Uap Panas

Caranya, didihkan air dan rebus daging selama 5menit dalam panci tertutup. kemudian. Matikan k0mpor dan diamkan daging di dalam panci selama setengah jam.

setelah itui nyalakan kembali kompor dan rebus kembali daging selama 7 menit. Dengan mencoba cara ini, kita dapat mengurangi pemakaian gas berlebih.


Post a Comment